3 Rumus menemukan konsumen potensial

Apa pun bentuk bisnis Anda, baik produk maupun jasa, Anda tentu saja membutuhkan konsumen agar bisnis itu bisa berjalan. Berikut tiga rumus yang bisa Anda lakukan untuk menemukan konsumen potensial.

Tentukan target

Sebelum mencari konsumen potensial, Anda sendiri yang harus menentukan siapa target pasar dari produk Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda mencari konsumen yang sekiranya tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

Proaktif
Bisnis tidak akan berjalan jika Anda berdiam diri. Jangan tunggu konsumen datang, tapi Anda yang harus mendatangi calon konsumen untuk menawarkan produk Anda. Terutama saat bisnis baru berjalan, bersikap proaktif sangatlah penting. Coba lihat kontak teman dekat, mantan rekan kerja, atau keluarga yang menurut Anda bisa menjadi konsumen potensial. Dekati mereka dan perkenalkan produk Anda. Namun hindari bersikap memaksa, agar mereka tidak langsung menjauh.

Jalin jaringan
Pemasaran dari mulut ke mulut, yaitu rekomendasi dari konsumen adalah salah satu cara promosi yang paling menguntungkan. Mintalah teman atau siapa pun yang merasa puas dengan produk Anda untuk memasarkannya ke rekan yang lain. Anda juga bisa meminta untuk dikenalkan kepada teman dari teman, kemudian jalinlah jaringan seluas mungkin. (as/ehow)

Sumber: http://ciputraentrepreneurship.com

Tinggalkan komentar